Selasa, 17 Maret 2015

Dielektrik Kapasitor

Mari kita bahas sedikit tentang Kapasitor yang didalamnya terdapat Zat Dielektrik.

Zat dielektrik sendiri adalah material non-konduksi yang dimiliki oleh sebiah Kapasitor yang berada diantara kedua plat konduksinya.  Penambahan sebuah dielektrik padat diantara pelat-pelat sebuah Kapasitor mempunyai tiga fungsi  :


  1. Dielektrik menyelesaikan permasalahan mekanis yang mempertahankan dua lembar plat logam tetap terpisah dalam jarak yang sangat kecil tanpa ada sentuhan yang sesungguhnya.
  2. Penambahan Dielektrik akan menambah selisih potensial maksimum yang mungkin diantara pelat-pelat kapasitor. Jika material non-konduksi (Dielektrik) dipengaruhi oleh medan listrik yang sangat kuat , akan mengalami Kerusakan Dielektrik , yakni ionisasi parsial yang memungkinkan konduksi melalui dielektrik itu. Banyak material dielektrik yang dapat menolerir medan listrik yang sangat kuat tanpa kerusakan lebih daripada yang dapat ditolerir oleh udara. Penggunaan dDielektrik memungkinkan sebuah kapasitor mempertahankan selisih potensial yang lebih tinggi , sehingga akan menyimpan jumlah muatan dan energi yang lebih besar.
  3. Kapasitansi sebuah Kapasitor yang dimensinya tertentu adalah Lebih Besar bila ada sebuah material dielektrik diantara pelat-pelat itu daripada hanya ada ruang hampa. Kita dapat mendemonstrsikan efek ini dengan bantuan Elektrometer yang peka , yakni alat yang mengukur selisih potensial diantara dua konduktor tanpa membiarkan muatan yang cukup besar mengalir dari satu konduktor ke konduktor lainnya. 

Dengan kehadiran Dielektrik , selisih potensial untuk muatan yang diberikan Direduksi oleh sebuah faktor Konstanta Dielektrik  Konstanta Dielektrik adalah sebuah bilangan murni , dimana Konstanta Dielektrik tiap Bahan berbeda-beda tergantung zatnya.

Tidak ada Dielektrik yang benar-benar merupakan isolator sempurna . Maka selalu ada Arus Yang Bocor diantara pelat-pelat bermuatan dari sebuah kapasitor dengan sebuah Dielektrik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar